Maestria Residences Solusi Hunian Berkelanjutan untuk Milenial dan Gen Z

Maestria Residences Solusi Hunian Berkelanjutan untuk Milenial dan Gen Z

Maestria Residences, sebuah mini township seluas 55 hektar yang terletak di Alam Sutera, Tangerang, Banten, diresmikan pada Rabu, 13 Desember 2023, merupakan tonggak penting dalam pemenuhan kebutuhan tempat tinggal bagi Generasi Milenial dan Z di Indonesia. Dengan melihat pertumbuhan populasi mereka yang terus meningkat, sebuah solusi seperti Maestria Residences sangat diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan hunian yang berkualitas, terjangkau, dan sesuai dengan nilai-nilai berkelanjutan yang semakin ditekankan oleh generasi masa kini.

Menurut Sensus Penduduk 2020, jumlah Generasi Milenial dan Z di Indonesia mencapai angka yang signifikan, yakni 69,38 juta dan 75,49 juta individu. Dari jumlah ini, lebih dari 8,6 juta rumah tangga masih belum memiliki tempat tinggal sendiri. Maka dari itu, hadirnya Maestria Residences menjadi sebuah langkah penting dalam menjawab kebutuhan akan hunian bagi kedua generasi ini.

Dengan fokus pada kebutuhan generasi masa kini, Farpoint Realty, melalui Maestria Residences, telah mengusung konsep desain berkelanjutan yang mengakomodasi keunikan serta preferensi Generasi Milenial dan Z. Menurut Hellen Triutomo, Direktur Business Unit Landed Home dari Farpoint, Maestria Residences tidak hanya menawarkan hunian berkualitas premium, tetapi juga menjadikan harganya terjangkau, sesuai dengan keterbatasan ekonomi yang mungkin dialami oleh generasi tersebut.

Salah satu keunggulan utama Maestria Residences adalah lokasinya yang strategis, dengan akses mudah ke Transit Oriented Development (TOD). Keberadaan fasilitas ini sangat menarik bagi para pengguna kereta atau commuter line, sambil juga membuka peluang investasi jangka panjang yang menjanjikan. Keterjangkauan dan aksesibilitas yang ditawarkan menjadikan Maestria Residences pilihan menarik tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga sebagai investasi properti.

Dhaval Barbhaya dari SWA, sebagai master planner Maestria Residences, telah menggabungkan unsur alam, danau yang luas, dan pemandangan pegunungan dalam rancangan kawasan perumahan ini. Ia menekankan empat prinsip utama dalam perancangan Maestria Residences: perlindungan, pelestarian, dan pemberdayaan ekosistem sekitar; koneksi yang baik dengan sistem transportasi yang efisien; menciptakan lingkungan yang dinamis dan ramah pejalan kaki; serta memberikan ruang terbuka untuk meningkatkan interaksi antar-penghuni.

Konsep berkelanjutan juga menjadi fokus utama dalam perencanaan Maestria Residences. Sibarani Sofian, Founder and Director of Urban+, menjelaskan bahwa kompleks ini berhasil mengintegrasikan kawasan hijau alami dengan kawasan terbangun, menciptakan harmoni yang jarang ditemukan di kompleks perumahan lainnya. Adopsi konsep walkability area juga menjadi keunggulan tersendiri, memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki sambil menikmati udara segar dan lingkungan yang asri.

Dalam perancangan setiap unit hunian di Maestria Residences, inovasi desain menjadi pertimbangan utama. Yori Antar, Design Principal dari Han Awal & Partners Architect, menegaskan bahwa desain arsitektur mereka diadaptasi untuk menghadapi iklim tropis Indonesia, dengan penggunaan material yang tahan terhadap cuaca ekstrem dan optimalisasi ventilasi guna menghindari panas yang berlebihan di dalam rumah. Disamping itu, desain setiap unit juga mempertimbangkan area outdoor yang memfasilitasi interaksi antar-penghuni serta memiliki desain yang timeless.

Dengan harga yang dimulai dari Rp 500 juta dan cicilan sekitar Rp 3 jutaan per bulan, Maestria Residences memberikan peluang yang signifikan bagi Generasi Milenial dan Z untuk memiliki hunian dengan kualitas premium namun tetap terjangkau. Melalui keseluruhan konsepnya, Maestria Residences tidak hanya memenuhi kebutuhan akan hunian yang berkualitas tetapi juga merespons tuntutan akan lingkungan yang ramah serta gaya hidup berkelanjutan yang semakin diperhatikan oleh generasi masa kini. Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, Maestria Residences mewakili sebuah evolusi dalam konsep perumahan yang tidak hanya menjawab kebutuhan, tetapi juga memberikan pengalaman tinggal yang lebih baik dan berkelanjutan bagi Generasi Milenial dan Z di Indonesia.